Minggu, 11 Januari 2009

Mitokondria

Mitokondria adalah tempat dimana fungsi respirasi pada makhluk hidup berlangsung. Respirasi merupakan proses perombakan atau katabolisme untuk menghasilkan energi atau tenaga bagi berlangsungnya proses hidup. Dengan demikian, mitokondria adalah " Pembangkit tenaga " bagi sel. Secara garis besar, tahap respirasi pada tumbuhan dan hewan melewati jalur yang sama, yang dikenal sebagai daur atau siklus Krebs.
Struktur


(Struktur umum suatu mitokondrion)

Mitokondria memiliki dua lapis membran. Membran Luar membatasi bagian dalam dengan matriks sel. Membran dalam berlekuk-lekuk. Proses respirasi terjadi di dalam membran dalam.


DNA MITOKONDRIA
Mitokondria memiliki DNA tersendiri yang dikenal sebagai mtDNA ( ing. Mitochondrial DNA). MtDNA terpilin ganda, sirkular, dan tidak terlindung membran (prokariotik). Karena memiliki DNA seperti DNA bakteri, berkembang teori yang cukup luas di anut, yang menyatakan bahwa mitokondria dulunya merupakan makhluk hidup independent yang kemudian bersimbiosis dengan organisme eukariotik.

FUNGSI MITOKONDRIA
Walaupun telah diketahui bahwa mitokondria merubah materi organik menjadi energi sel yang berupa ATP, mitokondria juga memerankan pada proses metabolik, yaitu :
-Apoptosis : Proses kematian sel
-Glutamate : Memediasi exitotoxic neoronal injury
-Proliferasi sel
-Regulasi sel
-Sintesis heme
-Sintesis steroid
Adapun fungsi mitokondria hanya untuk tipe sel yang spesifik. Mutasi pada regulasi gen menghasilkan kerusakan mitokondria.


(posted by : Nurul Fadhilah X-3/30)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar