Kamis, 08 Januari 2009

Pemanasan Global (Global Warming)


oleh: Faunia D. (X3-20)

Apa sih sebenarnya Global Warming itu ?? sekarang sepertinya kata-kata itu tidak asing di telinga kita. Untuk lebih tahu jauh tentang Global Warming, ikuti ulasan ini.
Pemanasan global adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi.Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir.Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, "sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia" melalui efek rumah kaca. Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8. Akan tetapi, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukakan IPCC tersebut.



Masih banyak lagi penyebab terjadinya Global Warming. Seperti Efek Umpan Balik dari penguapan air, variasi Matahari oleh umpan balik awan dan peternakan atau konsumsi daging secara berlebih.
Penelitian yang telah dilakukan para ahli selama beberapa dekade terakhir ini menunjukkan bahwa ternyata makin panasnya planet bumi dan berubahnya sistem iklim di bumi terkait langsung dengan gas-gas rumah kaca yang dihasilkan oleh aktifitas manusia. Sektor peternakan telah menyumbang 9 persen karbon dioksida, 37 persen gas metana (mempunyai efek pemanasan 72 kali lebih kuat dari CO2 dalam jangka 20 tahun, dan 23 kali dalam jangka 100 tahun), serta 65 persen dinitrogen oksida (mempunyai efek pemanasan 296 kali lebih lebih kuat dari CO2). Peternakan juga menimbulkan 64 persen amonia yang dihasilkan karena campur tangan manusia sehingga mengakibatkan hujan asam.


Sekarang kita sudah mengetahui secara garis besar apa itu Global Warming. lalu apa sih dampaknya ? Para ilmuan menggunakan model komputer dari temperatur, pola presipitasi, dan sirkulasi atmosfer untuk mempelajari pemanasan global. Berdasarkan model tersebut, para ilmuan telah membuat beberapa prakiraan mengenai dampak pemanasan global terhadap cuaca, tinggi permukaan air laut, pantai, pertanian, kehidupan hewan liar dan kesehatan manusia. Iklim menjadi tidak stabil, permukaan air laut meningkat, suhu global cenderung meningkat, gangguan ekologis, dan ada beberapa hal pula yang mempengaruhi kehidupan sosial dan politik bagi manusia.


Bagaimana cara menekan Global Warming ?? Kerusakan yang parah dapat diatasi dengan berbagai cara. Daerah pantai dapat dilindungi dengan dinding dan penghalang untuk mencegah masuknya air laut. Cara lainnya, pemerintah dapat membantu populasi di pantai untuk pindah ke daerah yang lebih tinggi. Beberapa negara, seperti Amerika Serikat, dapat menyelamatkan tumbuhan dan hewan dengan tetap menjaga koridor (jalur) habitatnya, mengosongkan tanah yang belum dibangun dari selatan ke utara. Spesies-spesies dapat secara perlahan-lahan berpindah sepanjang koridor ini untuk menuju ke habitat yang lebih dingin. Ada dua pendekatan utama untuk memperlambat semakin bertambahnya gas rumah kaca. Pertama, mencegah karbon dioksida dilepas ke atmosfer dengan menyimpan gas tersebut atau komponen karbon-nya di tempat lain. Cara ini disebut carbon sequestration (menghilangkan karbon). Kedua, mengurangi produksi gas rumah kaca.


Sebagai generasi muda,kita pasti nggak mau kan kehilangan harta berharga, kita masih harus menjaga bumi yang mulai tua ini untuk anak cucu nanti. kita bisa kok memulainya dari hal-hal kecil,seperti buang sampah pada tempatnya dan tidak menggunakan bahan yang menghasilkan gas berbahaya (ex:sterofoam).


AYO !!! ubah kebiasaan buruk kita . CHANGE THE WORLD !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar